Bersama Kelompok Tani Amara Jaya, Dosen Fakultas Pertaian UNRI melaksanakan Abdimas mengolah hasil pertanian/praktek pembuatan jus semangka dan selai nanas

Pekanbaru, 3 Desember 2022 – Dosen Fakultas  Pertanian Universitas Riau (UNRI) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Kelurahan Binawidya yang diketuai oleh Shorea Khaswarina, SP.,MP.

Kegiatan PKM ini terdiri dari penyuluhan pembuatan jus semangka dan selai Nanas  yang dipresentasikan oleh Dr. Yusmarini, STP., MSi, dalam pemarannya di sampaikan bahwa semangka yang tidak masuk dalam sortasi buah yang layak jual, maka petani dapat melakukan diversifikasi produk dengan memiliki nilai jual yang bagus dipasaran yaitu dengan cara mengolah buah semangka menjadi minuman segar dan mengolah buah nanas menjadi selai nanas ,dalam hal ini, bisa di mix dengan buah nanas, dan jus semngak yang dimix dengan nanas disebut menghasilkan minuman segar yang di sebut dengan KANAS/ Semangka Nanas.

“bahan-bahan yang diperlukan untuk pembuatan jus semangka ini tentu sangat mudah diperoleh karena memang berasal dari buah semnagka dan beberapa bahan pelengkap yang ada di rumah tangga kita sehari-hari” pungkas pemateri

Selain dihadiri oleh Lurah Bina Widya, kelompok Tani Amara Jaya dan tim Dosen PKM dari Fakultas Pertanian, kegiatan PKM ini juga di hadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru  bapak drh. H. Muhammad Firdaus, M.Si disela kegiatan  beliau mengunjungi lahan semangka yang akan dijadikan tempat panen semangka bersama bapak Menteri Pertanian RI.

“Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar. Harapannya kami bisa mempraktekkan pembuatan jus semangka dan selai nanas dan adanya bimbingan langsung cara pembuatan jus dan selai nanas dari tim dosen FP UNRI”

Leave a Reply