Jurusan Agribisnis Melaksanakan Workshop Implementasi Merdeka Belajar

Pekanbaru, November 2022 – Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) bertujuan untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja dan dunia industry melalui kegiatan pembelajaran di luar program studi dan kampusnya. Kebijakan MBKM memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan kompetensi baru melalui beberapa kegiatan pembelajaran. Program Agribisnis menjadikan program MBKM ini untuk mendorong mahasiswa dalam menguasai berbagai keilmuan yang berguna (link and match) dengan dunia kerja dan dunia industri. Jurusan Agribisnis melaksanakan workshop Implementasi MBKM dengan mendatangkan narasumber dari Universitas Muslim Indonesia yaitu  Dr. Ir. Muis Ilsan, MP yang merupakan Asesor BAN – PT Prodi Agribisnis. Workshop ini dilaksanakan pada 29 November 2022 di Hotel Royal Asnof Pekanbaru secara Luring.

Workshop Implementasi MBKM melibatkan seluruh dosen Agirbisnis, staff dan dihadiri oleh Koordinator prodi  Agroteknologi, Teknologi Industri Pertanian dan Kehutanan  dilingkungan  Fakultas  Pertanian UNRI. Kegiatan ini di taja oleh program studi S1 dan S2 Agribisnis.

.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr. Agus Sutikno, SP.,MSi dan di moderatori langsung oleh Jumatri Yusri, SPt., MSi   kegiatan berlangsung dengan baik dan banyak diskusi yang terjadi. Beberapa poin penting yang menjadi bahan diskusi pada adalah terkait program-program yang ditawarkan pada MBKM, teknis rekognisi dan konversi mata kuliah pada skema MBKM yang ditawarkan berupa freeform, structure form dan combine form. Narasumber memaparkan skema MBKM yang telah berjalan pada unit kerja mereka dan bagaimana proses, kendala dan penyelesaian dari MBKM yang mereka jalani. “Perlunya tindak lanjut dari kegiatan workshop ini, dukungan dan keterlibatan penuh dari semua unsur pada jurusan dan program studi untuk keberhasilan program MBKM” disampaikan moderator pada sesi penutup kegiatan.

Leave a Reply