Kuliah Tamu Pemberdayaan Masyarakat

Hari ini (Sabtu 8/9) Prodi S1 Agribisnis, Fakultas Pertanian , Universitas Riau telah melaksanakan kuliah tamu untuk Mata Kuliah Pemberdayaan Masyarakat dengan mendatangkan dosen tamu yaitu ketua Pemberdayaan Aparatur Pemerintah Nasional, Zukirwan Chan, SH. Kuliah tamu ini merupakan serangkaian kegiatan akademik yang telah direncanakan oleh Dosen Pengampu Mata kuliah Pemberdayaan Yaitu Dr. Ir. Rosnita, MSi dan tim, sebagai upaya untuk melaksanakan kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Dimana dalam pelaksanaan kurikulum MBKM ini salah satunya menuntut setiap Prodi untuk melaksanakan kuliah tamu dengan dosen tamu/dosen praktisi dari berbagai K/L.

Kuliah tamu kali ini mengambil tema tentang “Regulasi Pemberdayaan Masyarakat dalam Mendukung Pembangunan Desa”. Dimana isu terkait dengan regulasi  dan pemberdayaan masyarakat selama ini selalu indentik dan dikaitkan kepada masyaralat desa. Oleh karena itu diskusi tentang tema ini sangat diperlukan untuk memberikan penjelasan dan pemahaman kepada mahasiswa bagaimana menyusun strategi partisipasi dan pemberdayaan masyarakat desa agar sesuai dengan kebutuhan, tantangan dan kondisi pada masyarakat. Pemateri menyampaikan bahwa pentingnya keterlibatan masyarakat secara langsung dalam menyusun strategi partisipasi dan pemberdayaan masyarakat menjadi kunci utama dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan kebijakan dan program partisipasi dan pemberdayaan masyarakat.

mahasiswa yang hadir yaitu mahasiswa Prodi Agribisnis yang mengambil mata kuliah sebnayak 114 mahasiswa, besarnya partisipasi mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah membuat kuliah tamu kali ini menjadi sangat menarik dan tidak terasa melebihi waktu yang telah direncanakan.

Leave a Reply